Selasa, 16 September 2008

Knowledge Management in Shell Company

Knowledge Management merupakan sebuah proses pengaturan pengetahuan (knowledge). KM sendiri merujuk pada proses dimana organisasi mengolah data dan informasi yang ada, dan mengusahakan agar orang-orang mampu mengolah hasil pembelajaran mereka menjadi pengetahuan yang bermanfaat. Salah satu perusahaan yang menerapkan Knowledge Management adalah Shell Company. Melalui program Shell Wiki-nya, Wikipedia memfasilitasi jaringan organisasi agar lebih terstruktur dan rapi. Shell juga memiliki Global Networks (forum diskusi) sejak tahun 1997, yang memudahkan pekerja untuk mengakses segala data ataupun informasi. Knowledge Management merupakan salah satu langkah strategis bagi setiap perusahaan untuk meningkatkan kompetensi, ketanggapan, produktivitas, dan inovasi terhadap perubahan-perubahan lingkungan bisnis global, sehingga perusahaan bisa meningkatkan kemampuan beradaptasi dan berkompetisi secara lebih baik.

5 komentar:

Damayanti mengatakan...

hai rika
ayo jangan bingung2 untuk menjadi narsis,,,heheh
semangat blajar KM ya,,,
hehehhe

Anonim mengatakan...

singkat tapi padat..
ternyata KM sangat berguna buat kita..
KM KM KM!!!

Anonim mengatakan...

bole jg artikelnya.
tapi penerapan KM lu beda ama penerapan KM gw di perusahaan Airbus.

btw, jgn lupa comment gw yaaaa

Anonim mengatakan...

woy temen IPS 3,, ternyata knowledge management penting juga y.. haha..

nice posting.. thx 4 d info..

Md Santo mengatakan...

Sehubungan KM da implementasinya, saya atas nama PT Mobee dg PT BlueMoon Tech sbg holding company mengajak anda ber"social networking", "active colaboration" dan saling berbagi pengetahuan (sharing knowledge) melalui Social Networking Site (SNS) MOBEE KNOWLEDGE COP (COP=Community of Practice) yg heading-nya berbunyi sbb : " Learn how to be in state of LEARNING, GROWTH, and INNOVATION through our Community of Practice (COP) in Knowledge Management (KM)".

Situs menyediakan "explicit knowledge" atau pengalaman/pencapaian PT Mobee sebagai bahan awal forum/diskusi/blog dsb, tapi diharapkan selanjutnya juga menerima bahan-bahan dari luar Mobee untuk diskusi yg lebih luas. Masukan, tanggapan, input, pertanyaan dsb bisa dalam Bahasa Indonesia atau Inggris.

Untuk perkenalan awal dan sekaligus memahami konten kami secara holistik, mohon anda "copy-paste-click" discussion link :
http://mobeeknowledge.ning.com/forum/topic/show?id=2090583%3ATopic%3A2062 ( OUR KNOWLEDGE MAP )

Terima kasih

Md Santo
Knowledge Manager Mobee & BlueMoon Tech