Selasa, 02 Desember 2008

Compaq to Build CRM

CRM atau Customer Relationship Management adalah integrasi dari strategi penjualan, pemasaran, dan pelayanan yang terkoordinasi.
CRM menyimpan informasi pelanggan dan merekam seluruh kontak yang terjadi antara pelanggan dan perusahaan, serta membuat profil pelanggan untuk staf perusahaan yang memerlukan informasi tentang pelanggan tersebut.

Berdasarkan definisi Kalakota dan Robinson 2001, tujuan CRM adalah sbb:
- menggunakan hubungan dengan pelanggan untuk meningkatkan keuntungan perusahaan
- menggunakan informasi untuk memberikan pelayanan yang memuaskan
- mendukung proses penjualan berulang kepada pelanggan

Compaq memiliki suatu desain sistem dalam perusahaan berupa arsitektur Compaq's Zero Latency Enterprise (ZLE) yang berfungsi untuk:
- membangun kembali model CRM
- menyediakan sebuah dasar untuk pelayanan tamu yang lebih inovatif

Target implementasi ZLE:
- Memampukan retailer untuk mengoptimasi sistem
- Membangun interaksi yang kuat antar perusahaan dan pelanggan
- Membuka peluang besar untuk peningkatan pelayanan terhadap pelanggan (baik ketika belanja langsung di toko atau secara on-line)

Tidak ada komentar: